Selasa, 08 Mei 2012

10 langkah awet muda



Rahasia untuk tetap awet muda dan tetap sehat selalu menjadi topik yang dibicarakan, baik pria maupun wanita. Berbagai penelitian tentang kesehatan telah banyak dilakukan oleh pakar kesehatan untuk menemukan cara awet muda.

Namun apapun teknik yang ditawarkan, untuk mendapatkan hasil terbaik tetap dibutuhkan usaha yang konsisten dalam memperbaiki pola hidup dan pola makan.

Memang hal itu tidak mudah, membutuhkan usaha keras dan ketekunan. Tapi, 10 langkah praktis untuk membentuk penampilan awet muda di bawah ini mungkin dapat dijadikan satu alternatif.

Tentu saja Anda tidak harus melakukannya sekaligus, tetapi bisa bertahap. Mulailah dari yang paling mudah !

1. Makanan sehat dan suplemen

Kebiasaan memilih makanan yang baik setiap hari tidak hanya membuat kita sehat dan langsing, tapi juga nampak lebih muda. Agar lebih mudah membiasakan diri memilih makanan yang segat, Gary Null menyarankan untuk membuat catatan harian dan menuliskan makanan yang kita makan setiap hari. Secara praktis, panduan makanan yang disarankannya adalah:

a. Mengurangi mengkonsumsi daging merah dan meningkatkan konsumsi ikan.
b. Jika perlu tambahan protein, lebih baik mengkonsumsi kacang-kacangan.
c. Mengkonsumsi makanan berserat yang kandungan seratnya mencapai 4-50 gram sehari.
d. Setiap hari sebaiknya menkonsumsi 1-3 porsi sayuran dari keluarga kol seperti brokoli, brussel sprout,kol atau kembang kol.
e. Minum 2-4 gelas jus sayuran hijau setiap hari. Ada baiknya jus tersebut ditambah dengan sedikit jahe dan ekstrak lidah buaya.
f. Minum air putih dan jus buah setidaknya 2-3 litar setiap hari.
g. Mengkonsumsi seminimal mungkin minuman berkafein seperti kopi dan teh, minuman mengandung soda,gula putih dan makanan olahan pabrik yang terbuat dari terigu.
h. Menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun.
i. Mengkonsumsi berbagai suplemen dan herba anti penuaan seperti vitamin B kompleks, asam folat, vitamin E, vitain C, bawang putih, evening primrose oil, ginko biloba, dll.

Pada dasarnya Anda harus mengkonsumsi semua jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jika ingin mengetahui apakah tubuh Anda kekurangan salah satu atau beberapa unsur nutrisi Anda bisa melakukan tes laboratorium.

2. Detoks

Menurut Gary Null,Ph.D. dalam bukunya The Ultimate Anti Aging Program, detoks adalah langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai program menuju sehat dan awet muda.
Karena salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dan penyakit adalah penumpukan toksin di lingkungan sekitar dan di dalam tubuh kita.

Sebenarnya tubuh kita secara alami telah melakukan detoksifikasi (pengeluaran racun tubuh) secara teratur, seperti ketika buang air kecil dan buang air besar.

Tapi sayangnya, setiap saat kita selalu terpapar polusi dan bahan-bahan kimia yang masuk lewat udara, makanan dan lingkungan.

Ibadah puasa jika dijalankan dengan benar, sebenarnya juga merupakan proses detoksifikasi. Bahkan pembersihan yang terjadi tidak hanya bersifat lahir tapi juga batin.

Tentunya tak perlu langsung melakukan detoks selama 2 minggu. Untuk permulaan, Anda bisa mencobanya selama 2-3 hari dulu, ketika week end.


3. Tidur Nyenyak dan cukup

Tidur yang nyenyak itu menyehatkan, di samping menyegarkan tubuh dan jiwa. Orang yang kurang tidur cenderung melemah daya tahan tubuhnya dan mudah terkena penyakit.

Gangguan tidur bisa mengganggu konsentrasi, daya ingat, dan kreativitas. Sementara kelelahan ang timbul akibat tidak cukup tidur bisa menimbulkan iritasi dan ketidakseimbangan emosi, juga berhubungan dengan banyaknya kasus kecelakaan.

Tidur yang nyenyak sangat penting untuk penampilan yang awet muda. Sebab selama tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang berfungsi memperbaiki dan memperbaharui jaringan serta sel-sel tubuh, termasuk kulit.

Dengan begitu terjadi peremajaan pada sel-sel tubuh, kulit dan jaringan.
Umumnya orang tidur selama 8 jam sehari, tapi ada juga orang yang merasa cukup tidur 6 atau 7 jam sehari.

Hal itu tidak menjadi masalah. Namun bila Anda mengalami sulit tidur, jangan buru-buru mencari obat tidur. Cobalah atasi dulu dengan melakukan autohypnosis atau latihan relaksasi sebelum tidur.

4. Olahraga

Jika Anda belum terbiasa berolahraga, mulailah dari sekarang. Menurut Miriam E, Nelson PH.D, penulis buku Strong Women Stay Young yang memang meneliti pengaruh olahraga dan gizi pada tulang wanita di Tufts University School of Nutrition, Amerika.

Wanita umumnya mulai menyusut kepadatan tulang dan ototnya sekitar 40 tahun. Sebagian penyebabnya adalah karena kurang berolahraga. Tulang dan otot yang tidak dilatih memang mudah mengalami penyusutan.

Begitu tulang dan ototnya menua, wanita biasanya semakin kurang aktif dibanding sebelumnya. Padahal dengan latihan yang tepat dan teratur, proses yang akan terjadi justru sebaliknya, kepadatan tulang dan otot sedikit demi sedikit justru bertambah.

Sehingga tubuh bisa nampak 15 hingga 20 tahun lebih muda. Secara emosi, biasanya orangnya juga menjadi lebih bahagia, energik dan percaya diri. Manfaat lainnya adalah meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, mencegah osteoporosis serta melangsingkan dan mengencangkan tubuh.

Mengenai jenis olahraga yang disarankan, menurutnya tidak cukup olahraga aerobik seperti berjalan dan berlari santai, bersepeda, atau berenang saja, tapi perlu juga melakukan senam dengan menggunakan beban.

5. Relaksasi

Belajarlah untuk rileks, karena berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, kecemasan bisa membuat wajah nampak menua dalam hitungan bulan. Tapi dengan belajar rileks dan mengelola stres dengan baik, wajah bisa nampak kembali muda.

Stres juga membuat wajah nampak tegang. Karena itu, mengelola stres dengan baik akan membuat raut wajah Anda nampak lebih tenang dan damai. Dengan sendirinya Anda akan tampak lebih muda dan lebih menarik.

Karena itu pelajari teknik-teknik yang bisa membuat Anda rileks seperti taichi, meditasi, yoga, atau cobalah tekuni kegiatan-kegiatan yang memang merupakan hobi Anda seperti berkebun, melukis, bermain musik, atau lainnya.

6. Menjaga pikiran positif

Pikiran dan afirmasi yang positif akan meningkatkan energi dan membawa hal-hal yang positif dalam kehidupan. Sedangkan pikiran-pikiran dan afirmasi negatif cenderung melelahkan dan berpotensi menimbulkan kegagalan. Selain itu juga membuat Anda lebih cepat tua dan tidak menarik.

Karena itu, Anda juga perlu sering melakukan detoks secara mental. berlatihlah membersihkan diri dari pikiran-pikiran atau emosi-emosi yang negatif dengan meditasi atau teknik-teknik yang cocok bagi Anda.

7. Melakukan check up kesehatan

Ibarat mobil, tubuh manusia juga memerlukan perhatian dan perawatan yang baik agar setiap orang bisa terus bekerja dengan baik. Biarpun saat ini Anda merasa sehat, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara teratur tetap dilakukan.

Dengan begitu, jika suatu saat timbul penyakit, walaupun masih dalam tahap gejala awal, bisa langsung terdeteksi sehingga penanganannya juga lebih cepat dan mudah.

Selain itu, misalnya ada kelemahan-kelemahan yang tersembunyi di dalam salah satu organ tubuh, juga akan lebih akan lebih cepat diketahui. Jadi dengan cara itu, Anda pun bisa memprediksi kemungkinan penyakit yang akan timbul.

8. Menjalani kehidupan yang aktif

Anda harus tetap sibuk meski sudah tidak lagi muda. Kehidupan yang aktif tidak hanya membuat Anda sehat secara fisik, tetapi juga membuat memori Anda tetap bekerja dengan baik.

Kreatiflah dengan hidup Anda, ingat kembali segala minat dan impian yang dulu tidak sempat dilakukan selagi muda, apakah belajar melukis atau bermain piano ?

Jika sampai saat ini tidak ada cita-cita Anda yang belum terwujud, ingatlah kembali masa kanak-kanak Anda, permainan apa yang paling sering Anda lakukan ?

Lakukan hal itu bukan karena harus tetapi karena Anda memang ingin melakukannya. Lakukan juga hal-hal yang baru yang biasanya Anda hindari, misalnya belajar berbicara di muka umum.

Yakinlah bahwa semua kesibukan itu akan membuat Anda kembali bersemangat menjalani kehidupan.

9. Kehidupan sosial yang menyenangkan

Berbahagialah Anda yang dikelilingi oleh teman-teman yang bisa dipercaya dan menjadi tempat berbagi. Karena menurut Judith Wills dalam bukunya Take Off Years in 10 Weeks, hal itu juga membantu Anda untuk tetap muda. Persahabatan itu meringankan pikiran, menentramkan, meremajakan, dan membangkitkan semangat.

Pendeknya memberikan hal-hal yang kita butuhkan untuk merasa nyaman dengan diri sendiri, teman yang dimaksud bisa saja terdiri dari tetangga, teman kerja, anggota keluarga, hingga sahabat pena.

Selain itu, karena keinginan meningkatkan jenjang pendidikan, mengejar karier atau perkawinan, mungkin saja Anda tinggal jauh dari kampung halaman.

Tapi bersyukurkah jika Anda masih memiliki keluarga, seperti orangtua, kakak, adik, keponakan, paman dan bibi. Usahakan untuk tetap menjalin hubungan yang baik.

Terkadang berbagai sebab seperti kesibukan mengejar karier, menjauhkan hubungan kita dengan anak-anak, pasangan, mungkin juga cucu. Ingatlah bahwa hubungan baik dengan keluarga dekat akan menjauhkan Anda dari rasa kesepian, kehilangan dukungan, bahkan rasa bersalah.

10. Memperhatikan penampilan

Sebelum mulai, ada baiknya memperhatikan tubuh Anda secara keseluruhan. Apakah berat badan Anda masih ideal? Jika tidak, usahakan untuk mencapai berat badan ideal dengan cara yang alami. Selanjutnya perhatikan kulit, rambut, kuku dan gigi Anda.

Beri perhatian ekstra pada bagian-bagian itu. Karena disitulah tanda-tanda penuaan paling mudah terlihat.

Selain itu, usahakan juga untuk selalu memperhatikan kerapian dan keserasian dalam berbusana. Kenali warna busana dan riasan yang paling cocok yang bisa membuat Anda tampil menarik, lebih segar dan muda. Temukan juga potongan rambut yang tepat.

Tidak ada komentar: