Selasa, 08 Mei 2012

Macam-macam Tablet


Macam-Macam Tablet
a.       Tablet kompresi
Yaitu tablet kompresi dibuat dengan sekali tekanan menjadi berbagai bentuk tablet dan ukuran, biasanya ke dalam bahan obatnya diberi tambahan sejumlah bahan pembantu, seperti bahan pengisi, pengikat, penghancur, pelincir, zat warna dan perasa.
b.      Tablet kompresi ganda
Yaitu tablet kompresi berlapis yang dalam pembuatannya memerlukan lebih dari satu tekanan, hasilnya menjadi tablet dengan beberapa lapisan atau tablet di dalam tablet, lapisan dalamnya menjadi inti dan lapisan luarnya disebut kulit.
c.       Tablet selaput tiga
Tablet kompresi ini mungkin diberi lapisan gula berwarna dan mungkin juga tidak. Lapisan ini cepat terurai begitu ditelan dan juga di dalam air.
d.      Tablet diwarnai coklat
Yaitu lapisan coklat merupakan hal yang penting dalam sejarah karena waktu itu hanya coklat yang dipakai untuk menyalut dan mewarnai tablet.
e.       Tablet salut selaput
Tablet kompresi ini disalut dengan selaput tipis dari polimer yang larut dalam air maupun membentuk lapisan yang meliputi tablet.
f.       Tablet salut enterik
Adalah tablet yang disalut dengan lapisan yang tidak melarut dan hancur di lambung, tetapi di dalam usus. Ini digunakan dalam hal bahan obat dirusak oleh asam lambung, mengiritasi mukosa lambung atau bila melintasi lambung menambah absorbsi otot di usus halus sampai jumlah yang berarti.
g.      Tablet sublingual atau buccal
Tablet yang disisipkan di pipi dan di bawah lidah, biasanya berbentuk datar. Merupakan tablet oral yang direncanakan larut dalam kantung pipi atau di bawah lidah untuk diabsorbsi melalui mukosa oral.
h.      Tablet kunyah
Tablet kunyah lembut segera hancur segera jika dikunyah atau dibiarkan melarut dalam mulut. Memiliki dasar seperti krim dari manitol yang berasa dan berwarna khusus. Tablet ini dibuat secara kompresi.
i.        Tablet effervescent
Yaitu tablet berbuih yang dibuat dengan cara kompresi granul yang mengandung garam effervescent atau bahan-bahan lainnya yang mengandung atau mampu melepaskan gas ketika bercampur dengan air. 

Tidak ada komentar: